Pesut Mahakam Trip bersama rombongan Disbudpar Kukar, SCTV dan Koran Kaltim (16 Januari 2016)

                Minggu, 16 Januari 2016 pukul 7.00 kami berkumpul di Dinas Kebudayaan & Pariwisata Kutai Kartanegara di Tenggarong. Kami sarapan pagi dulu di warung nasi kuning yang ada di timbau, dekat Pendopo Wakil Bupati Kutai Kartanegara. Disana kami juga bertemu dengan Pj Bupati Kutai Kartanegara, pak Chairil Anwar dan berkesempatan untuk ngobrol dan sarapan pagi bareng. 8.00 kami berangkat menuju kota bangun dan tiba sekitar pukul 10.00.

Kami langsung bergegas untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk menemukan pesut mahakam, dan rute saat itu menuju ilir sungai mahakam menuju arah ke muara Kaman. Kami sempat menunggu di beberapa titik untuk menanti kemunculan pesut mahakam seperti di Muara Sungai Pela & Kedang Kepala namun nihil. Sehingga perjalanan kami lanjutkan menuju Muara Kaman dan memasuki Sungai Kedang Rantau. 






13.52 akhirnya kami menemukan pesut mahakam saat memasuki Desa Tunjungan. Ada kelompok kecil saat itu yang asyik bermain – main, kami menunggu cukup lama setiap kali pesut mahakam menyelam, kemungkinan mereka sedang berburu ikan di dasar sungai. Hal ini cukup menyulitkan proses dokumentasi kami, namun kami maksimalkan kesempatan yang ada karena belum tentu saat kembalinya nanti kami bisa bertemu lagi dengan pesut mahakam. Setidaknya ada 3 ekor individu yang sempat saya dapatkan sirip punggungnya dan dari data pribadi, kelompok ini memang sering ditemukan di lokasi yang sama.


14.26 kami balik arah untuk makan siang di Muara Kaman, rasa lapar sempat tak terpikirkan lagi karena antusias bertemu pesut mahakam.  Selepas makan siang kami lanjutkan perjalanan menuju Kota Bangun, dan Alhamdulillah di beri kesempatan lagi untuk mendokumentasikan pesut mahakam. 16.30 kami bertemu lagi dengan kelompok pesut mahakam di sekitar Desa Bukit Jering. Kelompok kecil ini sedang melakukan perjalanan ke arah ulu sungai mahakam, sama dengan tujuan kami. Ada 4 ekor individu yang berhasil saya dokumentasikan saat itu, salah satunya baru terdokumentasi. Dan 3 diantaranya sudah pernah saya dokumentasikan di trip – trip sebelumnya. 




16.53 kami kehilangan jejak pesut mahakam, tiba – tiba saja mereka menyelam cukup lama sehingga menyulitkan kami melacak arah pesut mahakam tersebut. Mengingat waktu yang menipis dan juga dokumentasi dirasa sudah cukup memadai kami putuskan untuk meninggalkan lokasi tersebut dan kembali ke kota bangun. 



Comments