Kukar Trip bersama Yunny Tour (Sangatta, Kutai Timur) 11 - 12 Maret 2017

Day 1 : Sabtu, 11 Maret 2017

Berhubung tamunya menggunakan mobil sendiri dan start dari Sangatta, Kabupaten Kutai Timur, saya menunggu rombongan keluarga tersebut di Bukit Biru, Tenggarong. Setelah bertemu kami memulai trip dan melaju di jalur poros Tenggarong - Kota Bangun. Tujuan pertama kami adalah Wisata Goa yang ada di KM42 Desa Lebaho Ulaq. Goa ini baru saja di buka secara umum dan kondisinya di dalam masih alami, jauh dari vandalisme (tulisan tidak bertanggung jawab maupun kondisi stalakit / stalakmit yang sudah mengalami kerusakan). ada 2 rute yang bisa dipilih, untuk Goa keraton hanya ada 1 rute, sedangkan rute terakhir mempunyai 3 goa dengan nama yang berbeda di didalamnya. Pengunjung akan di temani guide lokal dan dilengkapi dengan senter kepala. Pengunjung pun bebas memilih track, baik rute yang dekat maupun yang jauh, semua dengan harga yang sama, Yakni 20 ribu rupiah per orang.

Setelah 1 jam memasuki goa, kami kembali ke pos dan pamit untuk meneruskan perjalanan menuju Desa Kedang Ipil yang terkenal dengan Wisata Air Terjunnya, Air Terjun Kandua Raya & Putang. Saat kami memasuki Desa Kedang Ipil rupanya bertepatan dengan acara 15 hari orang meninggal. Kami di ajak untuk mampir dan menyantap hidangan warga. Keramahtamahan warga memberi kesan tersendiri bagi tamu saya yang jauh - jauh datang dari Sangatta. Tamu saya pun dengan sedikit malu - malu mengambil menu yang tersedia dan mengambil posisi duduk untuk makan bersama - sama warga. Setelah selesai makan & bercengkrama, kami pun pamit karena harus meneruskan kegiatan menuju Air Terjun.

Di pos masuk Wisata Air Terjun, tamu meneruskan perjalanan menuju Air Terjun Kandua Raya yang berjarak 1,4 km dengan menggunakan jasa ojek dan mandi sepuas - puasnya di aliran air yang segar.

Setelah puas mandi - mandi kami kembali meneruskan perjalanan menuju Kota Bangun. Kami check in terlebih dahulu di Penginapan Mukjizat, istirahat sebentar lalu saat sore hari menuju Jembatan Martadipura di Desa Liang, Kecamatan Kota Bangun, untuk menikmati pemandangan sungai mahakam dengan paduan rawa yang luas.

Minggu : Day 2, 12 Maret 2017

Trip hari terakhir kami menggunakan perahu ketinting atau yang biasa di sebut ces / longboat oleh warga setempat. Kami berencana menyusuri sungai mahakam untuk menemukan pesut mahakam sekaligus berwisata di beberapa lokasi seperti Danau Semayang & Melintang, Desa Melintang dan Muara Muntai. Sekitar jam 9 pagi kami memulai trip menuju ilir sungai mahakam, dan Alhamdulillah berhasil menemukan Pesut Mahakam di Sungai Pela. Ada sekitar 5 ekor saat itu, namun muncul secara terpisah sehingga tamu merasa agak kurang puas. Namun berhubung sudah ada prosedur yang dibuat oleh LSM yang sudah puluhan tahun meneliti lumba - lumba air tawar ini, kami tidak berlama - lama yang nantinya akan membuat Pesut Mahakam terganggu. Kami meneruskan perjalanan menuju Danau Semayang, lalu Danau Melintang untuk melihat aktifitas nelayan yang menjaring ikan, membuat ikan asin, dan masih banyak lagi.

Dari Danau Melintang kami menuju Muara Muntai melalui sungai Merinding. Sungai ini agak kecil dari sungai lainnya sehingga menuntut keahlian dari motoris ketinting. Beberapa kali tamu saya basah karena gelombang dan air dari kipas oleh ketinting lain saat berpapasan.

Di Muara Muntai kami mampir sebentar untuk makan siang di warung terapung. Lalu berjalan - jalan sebentar di Jembatan Kayu Ulin yang sangat panjang di Muara Muntai (Menghubungkan beberapa desa di sekitar Muara Muntai seperti Kayu Batu, dll). Lalu meneruskan perjalanan dengan ketinting ke arah kembali ke Kota Bangun, namun tidak melalui jalur awal namun melalui sungai mahakam. Perjalanan ini 2 kali lipat lebih jauh dari jalur pertama, namun tamu lebih puas berpetualang di sungai dan bisa melihat atraksi satwa liar yang banyak ditemukan di hutan yang ada di sisi sungai. Seperti Lutung / Monyet Hitam (Black Monkey), Burung air (Kuntul Kecil & Besar, Cangak Merah, Cangak Abu, Bangau Tong - tong, Elang Bondol, dll).

Sesampainya di Kota Bangun, kami berkemas - kemas dan menyudahi trip.

Untuk anda yang ingin berwisata di Kutai Kartanegara maupun Kabupaten lainnya, silahkan kontak saya selaku Guide Wisata. Mobile / WA 0852 5020 5322.