Kalimantan Tour Guide - Orang Utan Observation with 3 Ladies from Denmark (August, 10th, 2019)

Day 1 : Tamu datang dengan menggunakan Cendana Travel, dimana mereka start dari Balikpapan sekitar pukul 8 malam, dan tiba subuh di sangatta sekitar pukul 3.30. 3 remaja dari Denmark ini saya inapkan dulu di Penginapan untuk meneruskan istirahatnya yang penuh “goncangan” selama di perjalanan. Sekitar pukul 9 pagi kami berangkat ke Kabo Jaya dengan mobil, lalu menuju Camp di Prevab dengan menggunakan Ketinting warga. Di Camp kami langsung bersiap – siap untuk tracking di temani Ranger Taman Nasional Kutai, Alhamdulillah kami beruntung langsung menemukan Orang Utan di tracking pertama.

Siang hari setelah makan siang di saat tamu saya sedang beristirahat, ada Orang Utan tua yang berjalan santai di dekat camp lalu menaiki pohon Sengkuang besar, Orang Utan tersebut nampak menaiki sarang yang sudah ada sebelumnya untuk beristirahat.

Pukul 16.00 kami melanjutkan tracking yang kedua, sayang kami belum beruntung untuk menemukan orang utan. Kami kembali ke camp untuk istirahat dan makan malam, lalu melanjutkan tracking yang ketiga, tracking malam.

Di Tracking malam ranger biasanya mencari Tarantula yang memang aktif di malam hari, burung yang sedang tidur, serangga atau bahkan kodok, rute pun biasanya yang pendek dengan durasi 1 jam an.

Day 2 : Setelah sarapan pagi, Tracking pagi kami lakukan kembali, namun kami masih belum beruntung menemukan orang utan.

Saat tracking yang sore baru kami kembali beruntung bisa melihat Orang utan. Tracking terakhir, tracking malam kembali kami lakukan lalu kembali lagi ke camp, lalu beristirahat

Day 3 : Setelah sarapan pagi, kami menuju Kabo Jaya untuk mengantar tamu menuju Cendana Travel. Mereka akan kembali ke Balikpapan, sedangkan saya harus menunggu di sangatta, karena ada tamu yang akan datang 2 hari lagi.