Guiding ke Air Terjun Bukit Biru (Nop 2020)

      Setelah seminggu sebelumnya selesai guiding mbak Athia ke Air Terjun Putang di Desa Kedang Ipil, pesan di WA masuk, "Mas innal, sy booking 2 hari untuk guiding tracking di sekitaran tenggarong, weekend ntar". Dan saya balas, "Insyaallah, oke mbak". Alhamdulillah, akhirnya job Guiding udah mulai ramai walau di masa pandemi yang terasa tidak ada akhirnya. Dan Mbak Athia ini cukup sering menggunakan jasa saya selaku Tour Guide untuk memandu mereka untuk berwisata. 

Sabtu, 14 Nopember 2020,

    Pagi kami berkumpul di meeting point yang ada di simpang 3 Bukit Biru, lalu menuju simpangan Air Terjun Bukit Biru yang ada di dusun Loh Sumber, Kecamatan Loa Kulu. Mbak athia gak sendiri, ada sekitar 6 orang rekan yang ikut serta. Sedangkan saya ditemani 2 rekan, yakni Hanry & Henry, yang merupakan rekan, bukan kembar non identik. 

Jarak tempuh perjalanan sekitar 4 km, melewati banyak areal persawahan dan kebun warga. Masuk sedikit dari simpangan ke air terjun kami mencari tempat untuk parkir mobil dan motor lalu di lanjutkan dengan berjalan kaki alias tracking, sesuai permintaan tamu. Cuaca agak mendung, sedikit berkabut, namun cukup membantu untuk tracking jadi gak panas. Hutan di sepanjang jalur tracking cukup bagus, menambah greget wisata hari itu. Kondisi jalan cukup bagus, di dominasi tanah liat, sisanya tanah berbatu dan sedikit nanjak. Kami sampai di simpangan menuju Air Terjun Bukit Biru, disini medannya sudah didominasi tanah becek dan cukup licin, jadi musti berhati - hati supaya tidak terpleset. Sedangkan jarak menuju Air Terjun tidak terlalu jauh lagi, cukup dekat. 









    Kami tiba di Air Terjun, arealnya cocok untuk camping, ada banyak space yang bisa di gunakan. Walau air terjunnya tidak terlalu tinggi dan luas, namun cukuplah untuk sekedar mandi atau berendam. Saat tamu sedang menikmati air terjun, foto - foto, bercengkrama, saya menyiapkan peralatan untuk membuat kopi. Peralatan kopi sudah saya siapkan dalam 1 tas khusus dan di bantu henry & hanry untuk di bawakan oleh mereka. Mereka sendiri langsung menuju simpang air terjun dengan menggunakan sepeda motor, sedangkan saya menemani tamu tracking

    Suasana nampak santai dan nikmat sambil ditemani kopi. Sekitar 1 jam di lokasi, kami menyudahi trip, kembali tracking dimana posisi kendaraan parkir. Trip di tutup dengan makan siang di EFC di Jl .KH. Akhmad Muksin,Tenggarong. 






















    Terima kasih atas kepercayaannya mbak Athia untuk kesekian kalinya saya memandu program wisatanya. 

Comments